Mengenal Jenis Kayu Sebagai Bahan Konstruksi Rumah

Kayu merupakan bahan yang sering digunakan sebagai bagian dari semacam bangunan, misalnya p memiliki kuda-kuda, bentuk atap, kusen dan daun pintu maupun jendela. Kayu yang digunakan buat masing-masing bagian semacam bangunan itu mampu saja bertentangan beda sebab itu penyortiran modulal yang serupa sangat dibutuhkan.

 

Walaupun akhir-akhir ini mulai muncul material pengganti kayu semacam baja ringan buat bentuk atap dan alumunium buat kusen namun kayu sedang senantiasa menjadi pilihan mendasar. guna mampu menyortir jenis kayu mana yang kita butuhkan wawasan perihal kayu amatlah berguna, Tiap kayu memiliki sifat dan ciri khusus, baik dalam segi keindahan serat, kandungan air, keawetan, berat jenis, kerapatan, maupun kekuatan.

 

Berikut ini beberapa jenis kayu yang sering digunakan pada desain dan struktur rumah.

 

A. Kayu jati

 

Kayu jati sering dianggap sebagai kayu yang memiliki serat kayu paling indah jika dibandingkan dengan serat kayu lainnya. Selain itu, karakter yang dimiliki kayu jati menjadikan jenis kayu ini memiliki kualitas terbaik. Memiliki ketahanan yang cukup lama, stabil, dan kuat merupakan karakter yang sangat cocok digunakan sebagai material rumah. Selain memiliki ketahanan yang cukup lama dan cocok digunakan sebagai material struktur bangunan, kayu jati juga menjadi pilihan yang sangat bagus jika digunakan sebagai furnitur maupun kusen dan pintu. Kayu jati memiliki kandungan minyak yang mengakibatkan kayu ini tahan terhadap jamur dan rayap. Dengan keunggulan karakter yang dipunyanya maka tidak aneh lika harga kayu jati sangat mahal.

 

B. Kayu Kamper

 

Jenis kayu ini lebih sering dijadikan pilihan sebagai material pintu, kusen,maupunjendela. Selain sebab tarifnya yang cukup teriangkau, jenis kayu ini tidak mampu menopang beban yang terlalu besar. Jenis kayu kamper tidak memiliki tingkat kegetasan yang tinggi semacam kayu bengkirai ataupun jati. Selain itu, kekurangan lain yang dimiliki kayu kamper jika digunakan sebagai material struktur merupakan hasrat pergantian bentuk. Jenis kayu ini mampu menjalani penurunan maupun pergantian bentuk (semacam melengkung).

 

C. Kayu Merbau

 

Kayu merbau memiliki tingkat kekerasan yang sansat tinggi. Jenis kayu ini sangat cocok digunakan sebagai bahan materi pada struktur, misalnya digunakan pada kuda-kuda atap. Sama halnya dengan kayu jati, jenis kayu merbabu juga memiliki ketahanan terhadap serangga. Kayu merbabu juga memiliki serat yang cukup menarik walaupun tidak serat kayu jati. Warna kecokelatan dan kemerahan dengan serat kayu berwarna kekuningan menjadikan daya tarik khusus pada jenis kayu ini.

 

D. Kayu Bengkirai

 

Kayu bengkirai merupakan jenis kayu yang cukup awet. Kayu jenis ini memiliki tingkat kegetasan yang cukup tinggi sehingga sering keluar retak rambut (pin hole) pada dewan kayu. Walaupun ada retak rambut pada dewan kayu, tetapi jenis kayu ini sangat cocok digunakan sebagai material struktur dan mampu menopang beban yang berat. tentang ini disebabkan, tingkat kekuatan yang dimiliki kayu sangat besar. Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki kayu bengkirai merupakan tingkat ketahanan terhadap cuaca. Jenis kayu ini sangat awet sehingga sering digunakan pada bangunan eksterior rumah kayu.