Jenis-Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Selain mempelajari pengertian dan manfaat asuransi, Anda juga harus mempelajari jenis-jenis asuransi kesehatan Prudential ini. Tujuan dalam mempelajari jenis asuransi kesehatan ini adalah agar Anda bisa memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis-Jenis Asuransi

Dengan membahas jenis-jenis asuransi maka artinya adalah mengelompokkan fokus dan risiko. Tujuannya adalah agar Anda bisa menentukan premi atas risiko yang akan ditanggung sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransinya. Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia.

1.      Asuransi Jiwa

Dengan adanya asuransi jiwa ini maka akan melindungi Anda dan keluarga jika pencari nafkahnya sudah meninggal dunia. Terdapat tiga jenis asuransi dalam asuransi jiwa ini.

·         Term Life

Asuransi jiwa ini akan memberikan perlindungan dalam jangka waktu 1,2  hingga 10 tahun. Meskipun memang nilai pertanggungan produk asuransi jiwanya jauh lebih besar, namun uang premi akan hangus di akhir periode.

·         Whole Life

Perlindungan asuransi jiwa ini bisa berlaku seumur hidup. Akan tetapi, preminya akan jauh lebih mahal. Jika memang pemegang polis tidak meninggal selama masa kontrak, maka uang pertanggungan pun masih bisa di klaim. Namun, untuk jumlahnya memang tidak sebesar produk asuransi jiwa term life.

·         Unit Link

Unit link ini merupakan asuransi yang tergolong dalam jenis asuransi non tradisional. Pengertian dari unit link ini adalah produk asuransi yang mengkombinasikan asuransi dan produk investasi. Namun, keputusan untuk penempatan investasi ini sepenuhnya ada di tangan nasabah.

2.      Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menangani masalah kesehatan pihak tertanggung karena suatu penyakit. Selain itu, asuransi juga akan menanggung biaya proses perawatannya.

Pada umumnya, penyebab sakit tertanggung yang biayanya bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, cacat, sakit, penyakit kritis, hingga kematian karena kecelakaan. Pada umumnya, perusahaan dengan skala menengah sampai besar sudah memberikan asuransi kesehatan kepada setiap karyawan.

3.      Asuransi Pendidikan

Setiap orang tua pastinya tidak ingin pendidikan anaknya putus ditengah jalan. Apalagi saat ini biaya pendidikan terus meningkat setiap tahunnya. Kesadaran akan hal tersebut membuat asuransi pendidikan saat ini banyak diminati.

Asuransi pendidikan saat ini bisa dikombinasikan dengan asuransi jiwa. Dimana asuransi pendidikan bisa menjadi solusi bagi rencana para orang tua dalam meringankan tingginya biaya pendidikan saat ini.

Selain jenis asuransi yang sudah disebutkan diatas, masih ada beberapa jenis asuransi lainnya yang perlu Anda ketahui, mulai dari asuransi dana hari tua, dan asuransi umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *